Manfaat Ikan Gulanah Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Gulanah Untuk Kesehatan
======================================




Ikan Gulamah adalah jenis ikan laut yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan  memiliki nama latin Johnius Trachychepalus. Ikan ini memiliki beragam penyebutan, antara lain: Ikan Gulama, Gelama, dan Tigawaja. Ikan ini terdapat di seluruh perairan laut Indonesia. Sehingga untuk mendapatkannya memang mudah. Harganya kurang lebih Rp30.000 per kg.

Kebiasaan ikan ini yaitu melakukan pemijahan telur di muara sungai. Maka tak heran bila di sungai-sungai besar dekat laut pun kerap ditemukan Ikan Gulamah. Biasanya nelayan menangkap ikan ini dengan bantuan jala. Gulamah tergolong karnivora, artinya ia memangsa ikan-ikan kecil demi bertahan hidup. Ikan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya memang kompleks, seperti yang terurai di bawah ini:




1. Melindungi Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin K yang terdapat pada ikan gulamah bermanfaat penting dalam melindungi sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga bekerja untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu bakteri baik dalam tubuh untuk membantu penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi.
2. Mencegah Pengapuran Gigi

Pengapuran gigi atau biasa disebut dengan fluorisis terjadi apabila anda memberikan makanan kepada anak dengan kadar fluoride terlalu banyak. Keadaan seperti ini juga dianggap sebagai komplikasi, bahkan juga dapat muncul bercak pada gigi berwarna kecoklatan. Maka dari itu konsumsilah ikan gulamah saja yang kandungannya sesuai kebutuhan tubuh.
3. Meyembuhkan Luka Setelah Operasi

Konon setelah operasi biasanya orang tua zaman dulu mengatakan bahwa makan ikan merupakan sebuah pantangan dengan alasan luka sulit kering dan gatal. Hal ini tentu tidak benar karena dengan menghindari ikan, protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses penyembuhan pasti kurang. Memang tidak salah, jika anda makan ikan gulamah setelah operasi atau saat mempunyai luka pada luka akan terasa gatal sekali. Hal ini merupakan salah satu bagian dari proses penyembuhan luka.
4. Dapat Diolah Menjadi Beragam Kuliner

Hasil budidaya ikan gulamah dapat diolah menjadi beragam kuliner bergizi tinggi yang banyak disediakan di hotel, pasar tradisional, toko dan restoran yang menjual olahan hasil gulamah. Dapat menjadi menu yang menggugah selera contohnya gulai, pepes, ikan kukus, sup gulamah asam pedas, dan lain sebagainya.
5. Pencegahan Penyakit Kolesterol

Orang yang gampang terkena penyakit jantung koroner adalah orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau di atas normal. Tetapi semua itu tidak dapat terwujud apabila sering makan ikan gulamah. Hal tersebut bisa terjadi sebab didalamnya terdapat kandungan minyak ikan yang berfungsi sebagai penagkalnya.
6. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Manfaat memakan ikan gulamah dapat menyehatkan sistem kardiovaskuler bisa terhindar dari yang penyakit berat, seperti gagal jantung, atau penyakit-penyakit berat lainnya. Selain itu, olahan gulamah yang baik bisa mencegah timbulnya pengumpulan trigliserida, bisa memperbanyak lemak yang baik, dan mencegah adanya pembekuan darah.
7. Mengandung Vitamin K

Vitamin K mungkin menjadi vitamin yang tidak terlalu dikenal, dibandingkan dengan jenis vitamin lain. Namun sebenarnya tubuh sangat memerlukannya untuk menjaga kesehatan dan fungsi berbagai organ penting. Jika kekurangan maka bisa mengalami masalah kesehatan dan sangat fatal akibatnya. Untuk itu konsumsilah ikan gulamah secara rutin.
8. Mengandung Vitamin E

Kegunaan vitamin E dalam ikan gulamah terkenal untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu juga meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, dan meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.
9. Mengobati Penyakit Typus

Gejala yang dialami penderita typus antaralain merasakan demam yang semakin hari bertambah tinggi, terutama pada sore dan malam hari. Berlangsung selama 7-10 hari, kemudian panasnya menjadi konstan dan berkelanjutan. Umumnya paginya sudah merasa baikan, namun ketika menjelang malam kondisi mulai menurun lagi. Namun jangan khawatir karena ikan gulamah dapat jadi solusinya.
10. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi ikan gulamah dapat bermanfaat menjaga kesehatan kulit manusia. Selain itu juga dapat meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Komentar